Kamis, 14 Januari 2016


LETAK WISATA RAJA AMPAT




Rute Perjalanan atau Transportasi Ke Raja Ampat

Pada umumnya, rute yang ditempuh oleh para pengunjung atau wisatawan untuk sampai di lokasi wisata Raja Ampat adalah dengan melakukan perjalanan udara, dan menuju ke kota Sorong - Papua Barat ( Domine Edward Osok ). Di bandara ini tidak ada jalur penerbangan internasional yang bisa langsung menuju ke Domine Edward Osok. Jadi, apabila Anda yang datang dari luar negeri, Anda harus transit dulu di Jakarta, Surabaya, Denpasar atau Makasar. Dan apabila Anda ingin menempuh jalur terpendek, Anda dapat transit dulu di Ujung Pandang dan memakan waktu sekitar 5 jam 15 menit untuk sampai di kota Sorong.

Cara pergi ke Raja Ampat

1: Sampai ke Sorong

Info penerbangan yang disajikan di sini ditujukan bagi wisatawan internasional yang mencari rute tercepat ke Raja Ampat dari luar Indonesia dan mengabaikan penerbangan ke Sorong dari bandara-bandara yang tidak dilayani oleh penerbangan internasional (seperti Ambon, Jayapura, dll). Berikut adalah informasi terkini per Februari 2014, namun pasar perjalanan udara Indonesia sangat volatil dan banyak hal berubah dengan cepat – pastikan untuk mengkonfirmasi setiap informasi melalui tautan yang disediakan.
Bandara Domine Eduard Osok – SOQ
Bandara Sorong adalah Domine Eduard Osok (kode IATA: SOQ), bukan Bandara Jefman seperti yang dilaporkan oleh beberapa sumber. Jefman adalah Bandara tua (awalnya dibangun oleh Jepang selama Perang Dunia II) di sebuah pulau Sorong. Ada juga Bandara Marinda di Waisai, dengan penerbangan dua kali seminggu dari situ ke Sorong dan sebaliknya. Lihat informasi di bawah tentang penerbangan Sorong-Waisai.

 2.Cara mencapai pulau-pulau Raja Ampat dari Sorong
Ada tiga pilihan cara untuk mencapai pulau-pulau Raja Ampat dari Sorong:
3.1: Feri Umum
Ada dua jenis kapal feri (express dan ‘perahu lambat’) yang melayani penyeberangan antara Sorong dan Waisai. Waisai berada di pulau Waigeo dan merupakan ibukota Kabupaten Raja Ampat. Hampir semua pilihan akomodasi di website ini menyediakan jasa penjemputan dari Waisai.
Baik feri cepat maupun perahu lambat beroperasi setiap hari dan keduanya memiliki keberangkatan baik dari Sorong maupun Waisai yang dijadwalkan pada sekitar pukul 14:00. Keberangkatan seringkali bisa ditunda, sehingga Anda bisa mencoba menghubungi seseorang di pelabuhan jika Anda akan datang terlambat.
Feri ekspres memerlukan waktu sekitar dua jam untuk menyeberang, sedangkan perjalanan dengan perahu lambat memakan waktu sekitar empat jam. Tentu saja, kebanyakan wisatawan lebih memilih kapal ekspres!

3: Cara mencapai pulau-pulau dari Waisai

 Penerbangan dari Sorong ke Waisai
Sebuah pesawat Twin Otter 16-kursi yang dioperasikan oleh Susi Air terbang dari Sorong ke Marinda Airport Waisai dan sebaliknya. Rute ini belum dapat beroperasi secara komersial dan Susi Air hanya dapat beroperasi berkat subsidi dari pemerintah Raja Ampat. Dengan demikian, jadwal dapat diubah tanpa pemberitahuan. Jadi pastikan Anda menghubungi maskapai untuk mengkonfirmasi jadwal ketika merencanakan perjalanan Anda.
  • Berangkat dari Sorong Senin, Rabu dan Jumat pada pukul 08.30, tiba Waisai pukul 09.00
  • Kembali dari Waisai hari Senin, Rabu dan Jumat pada pukul 09.10, tiba Sorong pukul 09.40
  • Biaya (sekali jalan – Agustus 2014): Dewasa atau anak> IDR 205,000 Bayi> IDR 50,000
Cara termudah untuk mencapai penginapan Anda dari Waisai adalah untuk mengatur penjemputan ketika Anda memesan akomodasi. Sebagian besar homestay yang tercantum di sini mempublikasikan harga penjemputan dari Waisai.
Biaya perjalanan dari Wasai ke pulau-pulau adalah suatu hal yang banyak dikeluhkan para wisatawan. Biaya sewa perahu cenderung lebih mahal dari seharusnya dan usaha tawar-menawar jarang berhasil menurunkan harga yang diminta secara signifikan. Pastikan Anda memberitahu tuan rumah Anda jika biaya perjalanan yang dikenakannya terlalu tinggi menurut Anda. Jika Anda cukup beruntung untuk menemukan alternatif yang baik,, silahkan beritahu kami semua dengan memberikan komentar di bawah artikel ini!
Jika Anda lebih memilih untuk mengatur transportasi sendiri, pilihan Anda adalah melalui Transwisata di Waisai (mintalah salah satu penyedia jasa transportasi untuk mengantar Anda ke sana), atau dengan mencoba untuk menumpang di salah satu perahu homestay yang akan pergi ke tempat yang dekat dengan tempat tujuan yang Anda inginkan. Penjemputan dengan perahu homestay berlangsung di pelabuhan perahu homestay yang berada di sebelah barat pelabuhan .

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates